Inilah 8 kriteria blog yang baik

Penilaian setiap orang memang berbeda-beda, tetapi apa salahnya jika saya mencoba untuk memberi masukan kepada Anda sesuai dengan pengalaman-pengalaman sebagai seorang bloger dan juga visitor blog. 
"Menurut saya, blog yang baik itu adalah blog yang bisa membuat para pengunjungnya merasa nyaman dan betah berlama-lama untuk membaca isi blog itu sendiri."
Bagaimana Menurut Anda?
Kalau begitu sudahkah Anda mengaplikasikannya kepada Visitor blog Anda? Kalau belum, sebaiknya Anda perlu membaca beberapa poin-poin penting dibawah ini agar blog kamu termasuk dalam kriteria blog yang baik.

1. Pastinya memiliki menu navigasi
Menu memiliki fungsi yang sangat vital. memiliki menu yang enak di lihat, membuat pengunjung mendapatkan askes yang baik terhadap artikel-artikel yang lain. Buatlah semenarik mungkin. Bila perlu tambahkan coding css dan jaquery pada menu. Usahkan menu tidak kacau, memiliki efek yang menarik, halus dan rapi.

2. Conten dan iklan yang terpasang disusun dengan rapi.
Terkadang karena ingin mendapatkan keuntungan yang berlimpah, banyak para blogger memasang iklan-iklan berlebihan di blog mereka, saking banyaknya sudah tidak tertata dengan baik. mereka lupa bahwa kenyamanan pengunjung itu lebih penting.

3. Blog yang cepat dimuat
Blog yang berat  sebenarnya tidak masalah. Itukan sesuai dengan kecepatan bandwith masing-masing visitor yang mengunjungi situs kita. Hanya saja bagi yang koneksinya lambat kan membuat mereka kesulitan untuk memuat laman blog Anda. Maka alangkah baiknya jika membuat blog yang lebih ringan saja.

4. Memperhatikan tampilan halaman postingan artikel.
Tampilan terbaik situs Anda tidak hanya pada halaman depan (beranda). Juga Anda lebih menata dan memperhatikan tampilan halaman postingan artikel Anda. Adapun saran saya, berilah efek timbul pada backgroundnya dan harus ada semacam pembatas pada margin atas, bawah, kiri dan kanan tulisan. Karena rata-rata pengunjung bukan untuk menyaksikan tampilan halaman depan blog, melainkan untuk membaca artikel yang ada di blog sobat.

5. Gunakan huruf yang agak besar 
Gunakanlah huruf yang agak besar supaya mata pembaca tidak terlalu tegang dan lebih santai saat mengamati kata demi kata.  

6. Tidak mengandung artikel dari hasil copy paste.
Saya rasa yang satu ini sudah cukup jelas. Tapi sedikit bagi Anda yang mungkin hobinya copy paste artikel orang tanpa melampirkan alamat link sumber,  yakin dan percaya blog Anda tidak akan pernah menjadi blog yang sukses. 

7. Buatlah ruang kosong space diantara konten-konten 
Berilah jarak yang tidak terlalu berdekatan konten-konten yang Ada di blog agan, banyaknya ruang kosong di blog membuat blog lebih terlihat fresh.

8. Atur widget 
Widget yang dipasang sebaiknya diletakkan disebelah kanan, bila blog hanya memiliki dua kolom.

Oke, itulah 8 tips untuk membuat blog terasa nyaman dimata para visitor blog Anda. Jika itu semua sudah Anda terapkan maka blog Anda termasuk dalam kriteria blog yang baik. :D

Postingan terkait: