Jangan sembarangan memilih template blog, baca dulu tips nya!!


Jangan sembarangan memilih template blog. Karena template blog adalah kesan pertama dari para pengunjung blog. Dalam memilih template blog, anda harus memikirkannya dengan cermat kira-kira seperti apa template blog yang bagus itu. Apa saja yang perlu anda perhatikan sebelum memilih atau pun menggati template blog. Untuk itu, berikuti ini saya akan memberikan tips buat anda bagaimana cara memilih template blog yang ideal. Simak baik-baik!





Mendukung CSS3 dan HTML5

CSS3 dan HTML5 merupakan koding terbaru yang berfungsi membuat tempilan template jauh lebih sedap dipandang, lebih rapi dan elegan dibanding template yang masih menggunakan css dan html di versi sebelumnya. Sebelum Anda membeli ataupun mendownload sebuah template, perhatikanlah deskripsi dari template tersebut. Apakah template sudah menggunakan koding CSS3 dan HTML5 atau belum. Jika sudah, itu menandakan bahwa template tersebut memang jenis template updetan terbaru yang layak untuk diterapkan ke blog Anda.


Responsive

Dulu, internet hanya bisa diakses melalui komputer saja tidak untuk di perangkat lain seperti smartphone. Nah, agar template kita juga bisa tampil secara maksimal di smartphone seperti layaknya orang menggunakan PC, maka template-tempate sekarang sudah di lengkapi dengan koding responsive. Artinya tampilan template akan menyesuaikan dengan layar smartphone dan handphone sehingga konten tampil secara maksimal dan sempurna tanpa takut ada konten lain yang tidak bisa ditampilkan.


Seo Friendly

Pasti kalian sudah tahu seperti apa itu template yang SEO friendly. Iyah, template SEO friendly berarti template yang sudah didesain sedemikian rupa sehingga mudah untuk dideteksi mesin pancari. Mesin pencari akan mengutamakan situs yang melakukan tekhnik SEO. Jadi, jika status template yang akan anda pasang SEO friendly berarti anda tidak perlu takut artikel mu tidak bakal terindeks oleh google. Maka dari itu, sebelum memilih template pastikan template sudah didesain menjadi SEO friendly.


Tidak ada peringatan error

Jika ada peringatan error itu berarti ada script yang tidak bekerja. Jika kita mengerti script web secara keseluruhan, maka anda bisa dengan mudah memperbaiknya. Namun jika Anda yang masih awam yang belum mengerti tentang masalah koding sebaiknya anda memilih saja template yg tidak ada pesan errornya.

Sebelum anda memastikan apakah ada atau tidak peringatan error di suatu template, caranya buatlah blog baru dan terapkan template baru disana. Kemudian lakukan pengecekan terhadap script yg error dengan cara  mengunjungi situs http://validator.w3.org/ lalu masukkan situs blog uji coba anda disana. Jika kamu menemukan banyak error (fatal error), maka sebaiknya anda memutuskan untuk mencari template yg lain saja.


Tidak mengandung java script berlebihan

Penyebab web berat dimuat biasanya karena terlalu banyak koding javascript. Java script tentu saja memprngaruhi kenerja kecepatan muat laman. Jangan menggunakan kontent java script selagi itu masih bisa dilakukan oleh css dan html. Gunakanlah konten  java script seperlunya saja terutama pada widget dan template. Karena penggunaan java script berlebihan akan membuat tampilan web kita sulit dimuat atau bahkan menyebabkan terjadinya error.


Memiliki Host File Ringan

Maksunya host file adalah gambar bagian-bagian pendukung laman. Seperti gambar pndukung background-body, navigation-body, ikon,  dll yang membentuk web anda. Jangan sampai justru itu semua yang membuat laman terlalu lama dimuat. Biasanya ada template-template tertentu karena ingin mempertahankan kualiats tampilan laman, mereka membuat host file gambar pendukung yang berat dimuat.


Fitur Lengkap

Carilah template yang memiliki fitur-fitur lengkap dan terbaru yang menurut Anda cukup menunjang. Seperti widget popular post, artikel terkait, artikel terbaru, berlangganan dll. Kalau bisa pilihlah template yang memiliki tampilan widget sudah dimodifikasi sehingga lebih menarik. Dengan begitu, para pengunjung blog pun tertarik untuk memanfaatkan fasilitas widget tersebut.


Template Premium

Template free memang hampir sama dengan template premium. Hanya saja dengan memilih template halaman full version itu akan terlihat lebih professional karena yang terdapat pada credit link adalah blog kita sendiri bukan orang lain. Namun jika anda memang tak memiliki cukup uang untuk memiliki template premium itu tidak masalah. Hanya saja, pengunjung lebih menyukai template yang professional dan mandiri.


Sesuai dengan niche blog

Niche blog adalah nuansa dari blog Anda. Jika kamu ingin memilih template, alangkah lebih bagusnya kamu memilih template yang sesuai dengan niche blogmu. Jika blog mu membahas tentang berita maka sebaiknya pilihlah template yang judulnya magazne atau news template. Jika blog mu membahas tentang kesehatan pilihlah template yang fresh yang identik dengan warna putih. Karena para designer web sudah memikirkan hal apa saja yang dibutuhkan oleh blog-blog berdasarkan nichenya. Jadi sekali lagi, pilihlah template yang sesuai dengan pembahasan blog mu. :)


Itulah beberapa tips seputar bagaimana cara memilih template blog. Ini hanyalah sudut pandang dari pengalaman penulis selama melakukan kegiatan blogging. Mudah-mudahan tulisan tentang cara memilih template blog yang ideal di atas bermanfaat untuk teman-teman semua. Silahkan tinggalkan kritik dan saran jika ada pada kolom komentar di bawah. Terimakasih.

Postingan terkait: