5 Cara Berhenti Merokok Paling Ampuh

Cara berhenti merokok tidaklah mudah. Pasti sudah berbagai macam cara yang Anda lakukan untuk berhenti merokok namun tak ada satupun yang berhasil hingga sekarang. So pada kesempatan ini, izinkan saya menuliskan pengalaman abang saya selama berusaha untuk berhenti merokok hingga akhirnya ia berhasil berhenti merokok.

Berhenti merokok tidak serta merta dilakukan sekaligus begitu saja, harus ada tahapan-tahapan nya. Saya tahu, dari lubuk hati paling dalam para perokok sebenarnya dari dulu mereka juga ingin berhenti merokok  hanya saja hasrat ingin merokok itu lebih besar dari pada keinginan untuk berhenti merokok. Untuk itu, simak baik-baik 5 Cara Berhenti Merokok Paling Ampuh berikut.

1. Mengganti Merek Rokok

Ini merupakan cara yang paling efektif untuk berhenti merokok bagi yang sudah sangat kecanduan. Berdasarkan pengalaman yang dilakukan abang saya, ia mengganti dari merek rokok andalanya ke rokok murah yang rasanya tidak enak. Ini memunculkan rasa tidak suka merokok karena rasanya yang berbeda. Maka ini merupakan tahap awal yang bisa Anda coba untk berhenti merokok


2. Mengganti dengan Permen

Ketika timbul rasa tiba-tiba ingin merokok, cobalah mencari alternatif lain seperti mengunyah permen atau snanck. Permen merupakan alternatif lain yang cukup bagus yang patut Anda coba. Seperti permen karet yang lama di kunyah. Nikmati setiap rasa manis dari permen tersebut selama mungkin hingga Anda melupakan keinginan untuk merokok.

3. Berpuasa

Puasa merupakan salah satu cara yang pas untuk berhenti merokok. Berpuasalah selama beberapa hari kemudian malam hari baru Anda bisa mulai merokok. Batasi merokok tiap malamnya 1-5 batang rokok saja. Dengan begitu setelah beberapa hari kamu berpuasa, kedepannya akan timbul rencana untuk berhenti merokok selamanya.

4. Melihat Video/Gambar Penyakit Akibat Merokok

Jika gambar yang ada dikemasan rokok kurang begitu menakutkan, maka Anda bisa mencari lagi gambar atau video dari internet yang menjelaskan secara rinci dampak bahaya merokok yang lebih menyeramkan. Seperti penyakit yang mematikan yang pernah ada disebabkan karena merokok. Anda juga bisa membaca cerita-cerita menyakitkan tentang orang-orang yang menderita karena merokok.

5. Mengurangi Frekuensi Merokok

Ini juga termasuk salah satu cara efektif untuk berhenti merokok. Tetapkanlah dalam seminggu berapa kali Anda merokok. Paling bagus tetapkan setiap hari apa saja waktu Anda tidak boleh merokok dan yang boleh. Pastikan waktu hari dimana Anda boleh merokok lebih sedikit dari pada waktu tidak boleh merokok.

Baik itulah tadi 5 cara ampuh berhenti merokok paling ampuh, mudah-mudahan bermanfaat. Satu pesan saya, jika kalian memang ingin sekali berhenti merokok namun itu sulit sekali untuk dilakukan sebaiknya kebiasaan merokok Anda diimbangi dengan melakukan olah raga setiap hari.

Postingan terkait: