5 Cara Menghemat Kuota Data Internet Android Paling Ampuh


Cara menghemat kuota data internet androidakan saya bahas pada artikel berikut. Banyaknya pengguna smartphone android saat ini memaksa seseorang untuk lebih cerdas dalam menggunakannya. Kebanyakan siswa sekolah yang menggunakan paketan data untuk androidnya sering mengeluh akan mahal harga paket data. Dan borosnya penggunaan data yang mereka lakukan semakin menambah beban mereka.

Untuk mengatasi hal-hal tersebut, berikut saya sajikan 5 Cara menghemat kuota data internet android:

1.     Gunakan fitur Chrome Data Saver ketika browsing
Bagi Anda pengguna Chrome browser, Anda bisa memotong penggunaan kuota data Anda dengan mengaktifkan fitur Data Saver. Cara mengaktifkannya dengan menu Settings> Data Saver > ON. Dengan menggunakan fitur ini Anda dapat menghemat kuota data hingga 50%.
2.     Non Aktifkan Opsi Sinkronisasi yang Tidak Diinginkan
Untuk memulai mengaktifkan opsi sinkronisasi yang tidak Anda inginkan, yaitu dengan menu Settings> Accounts > Pilih akun yang tidak ingin Anda sinkronkan.
3.     Batasi Penggunaan Mobile Data dan Aktifkan Peringatan Penggunaan Data
Manfaatkan fitur Data Usage Warning dan Limit System pada android Anda. Cara mengaktifkannya dengan menggunakan menu Settings >Data Usage > Cellular Data > Set Cellular Data Limit.
4.     Batasi Penggunaan data di Background
Menghemat kuota bisa Anda lakukan slah satunya dengan memberhentikan penggunaan data pada background. Yaitu dengan cara masuk menu Settings > Data Usage > Tap tiga garis vertikal di kanan atas > Restrict Background Data > OK.
5.     Indentifikasi Aplikasi yang Menyedot Data
Untuk mengetahui aplikasi apa saja yang banyak menyedot data Anda bisa masuk ke menu Settings > Data Usage, lihat dan temukan aplikasi yang menguras kuota data Anda, jika dirasa aplikasi itu tidak terlalu penting, lebih baik dihapus saja.

Demikian yang dapat saya sampaikan mengenai 5 Cara menghemat kuota data internet android. Semoga informasi yang telah disampaikan diatas bermanfaat dan mampu menjadi bahan referensi Anda. Silahkan mencobanya dan Good luck.

Postingan terkait: