Membuat Aplikasi Android Dengan Eclipse


Membuat Aplikasi Android Dengan Eclipse - Sekarang sudah banyak sekali aplikasi yang tercipta, baik dari peeseorangan maupun perudahaan. Bukan tidak mungkin apabila pengguna software seperti kita hendak membuat sebuah aplikasi Android, entah itu game maupun aplikasi lainya. Dan, menariknya kita juga bisa mengupload aplikasi kita ke dalam playstore.

Nah, untuk kali ini kita akan belajar membuat aplikasi andeoid dengan Eclipse.

Apa yang harus di persiapkan?

Sebelum nembuat aplikasi maupun game, harus ada beberapa aplikasi pendukung di dalam komputer anda, adapun aplikasi yang di perlukan adakah sebagai berikut :

1.    Java JDK (Java Development Kit) 5 atau Java JDK 6

-       Download dan instal JDK
-       Atur PATH dan JAVA_HOME variabel ke folder di mana Anda memiliki java dan javac

2.    Android SDK

-       Download Ansroid SDK, anda bisa mendownloadnya di http://www.oracle.com/technetwork/java/javase/downloads/index.html
-        Pilih "java flatform (JDK) 8u20" dan centang accept licnse agreement
-       Downloadlah sesuai dengan sistem operasi yang di gunakan
-       Instal Andoid SDK

3.     Eclipse

-       Download dan instal Eclipse
-       Ekstrak file ke dalam folder baru laku pilih eclipse.exe

Nah, jika kita sudah memiliki ketiga aplikasi di atas. Mari kita membuat aplikasi maupun game yang kita inginkan. Berikut langkah-langkahnya :

1.    Jalankan Eclipse, pilih menu File => New => Other , pilih Android Application Manager
2.    Klik tonbol New dan ikuti langkah-langkahnya dengan mengisi Nama Aplikasi, Nama Project, Paket, Minimum SDK dan Versi Android
3.    Klik tombok Next dan selanjutnya akan ada menu pilihan icon. Kita bisa mengubahnya dengan clip art atau text pada pilihan Clipart / text. Untuk mengubah ukuran icon geser Additional padding. Setelahnya kita juga bisa menambahkan icon dan background colour.
4.    Klik tombol Next, selanjutnya centang create activity. Dan mulai dengan Blank Activity.
5.    Tunggu loading saat Eclipse sedang memulai jendela aplikasi baru. Setelah itu akan terbuka menu untuk pembuatan aplikasi.
6.    Selanjutnya kita dapat membuat tools, pada aplikasi kita telah disediakan palette di samping kanan, dari situ kita dapat membuat apa saja yang kita inginkan mulai dari tombol button , teks large, medium, small dan rate dan masih banyak lagi seperti text field untk mengatur teks dalam aplikasi kita, layouy untuk untuk mengatur margin aplikasi kita, composite, images dan media , time & date, transition advances maupun others yang bisa kita coba satu per satu.
7.    Editlah sesuai dengan aplikasi yang hendak kita buat.

Jika kita sudah mengikuti tahapan tahapanya, sekarang kita akan mencoba menjalankan aplikasi teesebut pada emukatoe android menggunakan Eclipse.

Caranya adalah Klik kanan project name > Klik Run As > Android aplications. Lalu muncul menu yaitu Choose a running Android Device > Pilih Manager.

Setelah itu klik New, isikan nama pada Name AVD, pilih jenis emulator androidnya.


Klik Ok > tunggu loading > klik Minimize lalu akan muncul emulatornya.  Nah, setelah itu kita dapat menjalankan aplikasinya. 

Postingan terkait: