Tips Mengenali Android Anda Terkena Virus / Malware atau Tidak

Tips Mengenali Android Anda Terkena Virus / Malware atau Tidak - Banyak hal yang bisa Anda lakukan dengan menggunakan smartphone. Mulai dari melakukan aktivitas harian, hingga bersantai dengan berselancar di dunia maya melalui berbagai macam sosial media.

Namun, Anda yang terkadang tidak teliti dan hati – hati dalam melakukan aktivitas dengan smartphone bisa menyebabkan virus atau malware yang menyerang smartphone Anda. Untuk mencari tahu, Anda bisa melakukan cara seperti dengan mengetahui tips mengenali Android Anda terkena virus / Malware atau tidak.
Untuk jaga – jaga. Karena jika sudah terkena virus atau malware, menyebabkan berbagai masalah pada ponsel pintar milik Anda. Berikut, tips mengenali Android Anda terkena virus / malware atau tidak yang bisa dilakukan:

1.Iklan Pop Up yang Bermunculan
Biasanya tanda – tanda bahwa ponsel Android Anda terkena virus / malware atau tidak, bisa dikenali dengan bermunculannya iklan pop up yang snagat mengganggu. Jika iklan pop up muncul ketika Anda membuka sebuah aplikasi seperti media sosial atau game, itu hal yang wajar. Namun jika iklan muncul saat Anda tidak melakukan apa – apa dengan ponsel Android Anda, itu mengindikasikan bahwa ponsel Anda sedang berada dalam masalah karena adamya virus / malware.

2.Baterai yang Lebih Cepat Habis dan Boros
Jika biasanya Anda mengisi daya baterai smartphone hingga penuh dan tahan lama, tetapi secara perlahan atau tidak biasa malah lebih sering cepat habis. Bisa jadi hal ini karena adanya aplikasi aneh yang dijalankan oleh vitus tanpa Anda ketahui. Anda bisa melihatnya dengan membuka menu “setting” dan pilih “application”. Dari situ Anda bisa melihat semua aplikasi yang Anda jalankan, dan akan ketahuan mana aplikasi yang kehadirannya mencurigakan.

3.Smartphone Menjadi Lemot
Kalau biasanya smartphone Anda bekerja dengan performa yang memuaskan dan lancar, tetapi berubah menjadi lemot, itu bisa jadi karena ponsel Android Anda telah dimasuki oleh virus. Itu dikarenakan Anda mengunduh cache yang mengandung virus berbahaya.

Jika tanda – tanda yang telah dijelaskan pada tips mengenali Android Anda terserang virus / malware atau tidak telah muncul, sebaiknya Anda segera melakukan tindakan dengan memeriksakannya ke tempat servis atau bisa juga mencari cara sendiri di internet.

Postingan terkait: