Solusi SD Card Tidak Terbaca di Android (Paling Ampuh!)

Solusi SD Card Tidak Terbaca di Android - Menggunakan ponsel di zaman sekarang memang lebih mudah, apalagi untuk menyimpan berbagai file dalam genggaman yang bisa dibawa ke mana – mana. Dengan menggunakan memori eksternal atau biasa juga disebut dengan SD Card, kita bisa membawa berbagai file seperti dokumen, foto, video, hingga lagu ke mana pun kita pergi.
Namun, biasanya ada saja masalah yang terjadi seperti tidak terbacanya SD Card di Android yang kita miliki. Meski begitu, ada solusi SD Card tidak terbaca di Android yang bisa kita lakukan.

Ada berbagai solusi SD Card tidak terbaca di Android yang bisa membantu kita mengatasi masalah tersebut. Apalagi jka SD Card berisi file – file penting, maka berbagai cara harus kita lakukan. Berikut cara – cara yang bisa kita lakukan untuk mengembalikan SD Card agar bisa terbaca di Android kita:

1.Membersihkan SD Card
Membersihkan dalam hal ini bukan dengan menghapus semua file yang ada pada SD Card, melainkan dengan membersihkan bagian kuning tembaga yang ada pada bagian SD Card. Lepaskan terlebih dahulu SD Card pada ponsel Android, dan pastikan melakukannya dengan keadaan ponsel yang telah dimatikan. Setalah itu, kita bisa membersihkan lempengan kuningnya dengan menggunakan penghapus pensil yang berwarna putih. Setelah yakin sudah bersih, kembalikan SD Card pada slotnya.

2.Mengecek Kesalahan atau Error dengan PC
Sambungkan Android dengan laptop atau PC komputer menggunakan kabel data. Lalu pastikan ponsel tersambung dengan Mass Storage Mode (MSM) bukan dengan Media Transfer Mode (MTM). Lalu buka Windows Explorer dan klik kanan pada drive SD Card, lalu pilih menu Properties , pilih menu tools, dan selanjutnya klik menu error checking. Tunggu hingga proses selesai, lalu coba kita cek kembali pada ponsel Android kita apakah SD Card telah terbaca atau belum.

Selain dua solusi SD Card tidak terbaca di Android yang telah dijelaskan di atas, masih ada solusi yang lain, seperti menformat SD Card dengan menghapus keseluruhan file. Hal ini bisa mengembalikan SD Card seperti dalam keadaan baru.

Postingan terkait: