cara buat aplikasi android Sendiri


 
Apakah Anda pernah bertanya-tanya? Bagaimanakah cara buat aplikasi android Sendiri. Oleh sebab Anda merasa bosan selalu menjadi sosok yang cuma pemakai, bukan pembuat. Atau karena Anda ingin coba-coba, membuka ladang bisnis, atau menambah pengalaman?
Itu bisa saja menjadi alasan Anda ingin membuat aplikasi sendiri. Apalagi jika sudah memiliki ide untuk membuat aplikasi seperti apa.

Usahakan buatlah aplikasi yang bermanfaat untuk Anda sendiri atau orang lain. Bukan yang merugikan. Jangan menjadi pembuat aplikasi yang mengeruk dosa, tapi jadilah pembuat yang nantinya memanen hasil kebaikan.

Sebelum Anda membuat aplikasi, yang dibutuhkan pertama adalah Software yang akan Anda gunakan untuk menciptakan aplikasi. Untuk yang satu ini, Anda bisa menemukannya dengan mudah di internet. Software-software tersebut memiliki kelebihan sendiri. Ada yang memiliki kelebihan karena Anda tidak perlu susah-susah mengetahui apa itu coding, kelebihan karena kemudahannya, gratisnya.
Namun kali ini kita akan membuat aplikasi dengan menggunakan software Android Studio.

Pertama yang harus Anda lakukan adalah menemukan ide. Ya, sudah di bahas di atas. Setelah menemukan ide, maka download Android Studio dahulu. cara buat aplikasi android Sendiri bisa Anda mulai setelah semua yang ada dalam aplikasi terdownload.

1.    Jadi setelah terdownload semuanya, Anda buka menu bar, lalu klik file kemudian new project
2.    Isikan nama project, dan nama domain yang nanti akan diconvert menjadi nama package. Kemudian klik next
3.    Anda akan dibawa pada halaman pemilihan SDK. Anda pilih saja SDK Ice Cream Sandwich (Android 4.0.3). Setelah itu klik next.
4.    Anda akan disuguhkan berbagai jenis activity yang nantinya ditampilkan pada apkikasi buatan Anda. Untuk langkah ini, pilih saja blankactivity. Lalu klik next.
5.    Berilah nama untuk activity aplikasi  Android Anda.
6.    Finish

Nanti akan muncul layout aplikasi yang sedang Anda buat. Di sekelilingnya terdapat menu-menu yang mendukung pembuatan aplikasi ini. Pada software tersebut, Anda bisa menemukan 3 folder utama : manifest, java, dan res.

Untuk menjalankan aplikasi Anda, cukup dengan klik shift+F10. Tunggu beberapa saat, aplikasi Android buatan Anda bisa dilihat di device Anda.

Dan, selamat, Anda sudah bisa membuat apliaksi sendiri. cara buat aplikasi Android Sendiri telah sukses Anda jalankan.

Postingan terkait: