Jangan Panik, Ini Dia Tips Memulai Pembicaraan dengan Bule

Pernahkah Anda maerasa gugup, takut, keringatan, dan bingung saat ingin memulai pembicaraan dengan orang luar? Ini disebabkan karena kalian tidak tahu apa yang  harus Anda ucapkan. Semuanya kembali lagi pada persoalan bahasa Inggris. Jika kamu hanya memiliki kemampuan bahasa inggris yang pas-pasan dijamin, pasti kamu tidak berani untuk menyapa mereka. So, jika memang itu benar-benar terjadi pada Anda, pada kesempatan ini, saya akan memberikan beberapa tips yang mudah-mudahan dapat bermanfaat untuk kalian agar sewaktu-waktu memulai pembicaraan dengan orang luar khususnya bule, Anda sudah tidak canggung dan takut lagi.

1. Mempersiapkan beberapa pertanyaan

Jika Anda berniat bertemu seorang bule, entah itu langsung atau melalui chat, sebelumnya anda perlu menyiapkan list pertanyaan yang akan diajukan kepada dia. Tentu saja, pertanyaan-pertanyaan itu dalam bahasa inggris. Seperti menanyakan nama, asal, maksud datang ketempat ini, apa pendapat mereka tentang tempat ini, dll yang menurut Anda itu perlu. Persiapkan pertanyaan-pertanyaan tadi dengan matang. Saat pembicaraan sudah mulai mengalir, perkenalkan diri Anda pula kepada dia.

2. Mengangkat Satu Topik Pembicaraan

Agar permbicaraan tetap terus berlanjut, angkat satu topik yang mana itu adalah pession Anda. Jika Anda suka bola, maka ceritakan tentang pemain bola favorit mu kepada mereka, kenapa kamu sangat menyukai pemain bola tersebut, ceritakan hasil pertandingan terakhir di liga Inggris, copa, djarum dll yang berkaitan erat dengan topik yang anda sukai. Pastikan kamu telah mempelajari bagaimana mengucapkannya dalam bahasa inggris terlebih dahulu. Jangan lupa juga, bertanya balik tentang apa hobinya.

3. Mengenali Sifat Mereka

Ketika bule sedang berbicara, jangan pernah Anda memotong pembicaraan mereka. Biarkan ia menyelesaikan apa yang ingin ia sampaikan terlebih dahulu, kemudian baru giliran anda. Jangan terlalu mendominasi pembicaraan dan menanyakan hal-hal pribadi. Jangan menayakan tentang apakah mereka sudah menikah atau belum, menanyakan nominal penghasilan mereka setiap bulan, tinggi badan dll yang menurut Anda pula itu berhubungan dengan privasi seseorang. Ingat, bule khususnya orang Amerika mudah tersinggung lho.. jadi hati-hati jika menanyakan sesuatu.


4. Kasih Penghargaan

Beri pujian serta penghargaan setiap apa yang ia ucapkan. Seperti mengangguk kan kepala, mengatakan "I see" (ooohh), "Woww", "Nice", "Amazing" ketika kamu mendengar sesuatu yang hebat dan unik dari dia. Tunjukan bahwa Anda sangat-sangat kagum dan tertarik mendengar lebih lanjut tentang apa yang ia katakan. Dengan cara seperti ini, Anda akan dinilai sebagai pribadi yang menyenangkan bagi dia untuk diajak berbicara. 

5. Jangan Takut

Jangan dulu kebingungan dan merasa takut jika tiba-tiba ada perkataan yang kurang Anda pahami. Katakan "Sorry" atau "Pardon" ketika kita tidak sempat menangkap apa yang baru saja dikatakan mereka. Kata "Sorry" atau "Pardon" adalah kata yang secara tidak langsung menyuruh bule untuk mengulang kembali perkataan yang baru saja mereka katakan. Anda juga bisa bilang "Can you repeat it again?", itu artinya "boleh kah Anda ulang kembali (yang baru saja Anda bilang)?" Katakan "Can you speak more slowly?" yaitu untuk meminta si bule untuk memperlambat cara bicaranya".

Baik, itulah 5 tips untuk Anda saat memulai pembicaraan dengan bule. Mudah-mudahan bermanfaat dan bisa langsung diterapkan. Jangan lupa dishare agar orang lain juga bisa membca tips ini.. 

Sekian!!

Postingan terkait: