Lakukan Secepatnya 3 Hal Ini Ketika HP Mu Jatuh ke Air

Tanpa sengaja biasanya kita menjatuhkan HP kita ke dalam air. Bila kalian mengalami peristiwa HP yang terkena atau jatuh ke air sebaiknya jangan dulu panik, lakukan langkah-langkah berikut yang bisa dikatakan sebagai tindakan penanganan pertama pada HP yang terkena atau jatuh ke air:

1. Lepas baterai, memori eksternal, dan kartu perdana

hp jatuh ke air
Jika HP jatuh di air, sebaiknya langsung diambil kemudian secepat mungkin lepaskan baterainya. . Ini perlu dilakukan sebab ketika HP dalam kondisi hidup atau saat posisi baterai terpasang lalu kemudian jatuh kedalam air, yang diantisipasi adalah terjadinya koslet. Semua barang elektronik akan terjadi kosleting bila terkena air saat terdapat aliran listrik. Begitu juga dengan kartu perdana dan memori eksternal yang terpasang, jangan lupa juga untuk melepasnya, takut nya nanti kartu dan memori akan mengalami kerusakan jika terlalu lama basah.

2. Melepas casing lalu HP dikeringkan


Setelah bateri, memori eksternal, dan kartu sudah dikeluarkan yang selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengeringkan HP. HP yang terkena air bila tidak dikeringkan  mesin HP akan berkarat dan mudah rusak. Cara untuk mengerinkan HP basah adalah dengan membuka casing HP terlebih dahulu kemudian menjemurnya dibawah terik sinar matahari selama setengah atau satu jam. Cari lain pun bisa dilakukan dengan menimbun HP ditumpukan beras seperti didalam cosmos.

3. Jika HP tetap mati total

hp terkena air
Jika ternyata setelah dikeringkan tetapi HP tetap mati total, sebaiknya bawalah ke tempat service terdekat. Jangan dulu langsung berfikir mahal, suruh kepada si service HP untuk mencuci mesin HP dengan cairan perak untuk menghilangkan sisa karat bekas terkena air. Biayanya pasti tidak terlalu mahal. Jika semakin lama HP dibiarkan mati total tanpa dibawa ke service HP untuk dicuci mesinnya, maka lama kelamaan perkaratan akan semakin melauas dan mesin HP menjadi rusak total.

Itulah 3 cara penanganan Mengatasi HP yang terkena atau jatuh ke air, mudah-mudahan bermanfaat. Ikuti langakah-langkah diatas dengan benar. Pastikan setelah jatuh dan tiba-tiba HP mati jangan paksa untuk dihidupkan sebaiknya lepas terlebih dahulu baterai dan segala perangkat yang bisa dilepas kemudian keringkan. Jika setelah dikeringkan tetap mati, silahkan bawa ke tempat service untuk dicuci mesinnya. Sekian..

Postingan terkait: