Cara Mengecek Aplikasi yang Paling Banyak Menghabiskan Kuota Data (Harus Tahu!)

Cara Mengecek Aplikasi yang Paling Banyak Menghabiskan Kuota Data - Sebagai pengguna ponsel pintar atau juga yang disebut smartphone, pasti sangat dimudahkan dengan berbagai aplikasi. Apalagi hadir aplikasi – aplikasi yang memudahkan aktivitas harian, berkomunikasi dengan siapa saja, hingga aplikasi untuk senang – senang seperti berbagai macam game.
Cara Mengecek Aplikasi yang Paling Banyak Menghabiskan Kuota Data (Harus Tahu!)
Namun, semakin banyak menggunakan aplikasi, penggunaan kuota data kita juga bisa boros dan cepat habis. Jika tidak mau itu terjadi, mungkin lebih baiknya kita melakukan cara –cara mengecek aplikasi yang paling banyak menghabiskan kuota data.

Memang tidak salah menggunakan banyak aplikasi, namun sebaiknya kita lebih bijak menggunakan smartphone. Dengan banyak aplikasi selain membuat kuota data boros juga membuat kinerja dari smartphone milik kita lebih lamban alias lelet. Untuk mengantisipasinya, berikut cara –cara mengecek aplikasi yang paling banyak menghabiskan kuota data yang bisa kita lakukan:

  1. Buka “setting” atau “pengaturan” smartphone.
  2. Lalu pilih menu “penggunaan data”.
  3. Scroll layar ke bawah dan temukan pilihan “penggunan aplikasi”.
  4. Jika sudah, nanti akan muncul aplikasi mana yang paling banyak menyedot kuota data sampai membuat boros. 

Jika yang paling banyak menghabiskan kuota data adalah aplikasi Google Play Store, maka sebaiknya hentikan pengunduhan secara otomatis. Caranya bisa dilakukan dengan membuka aplikasi Google Play Store, lalu pilih simbol titik tiga dan car menu setting. Lalu cari menu “perbarui aplikasi secara otomatis”, dan kemudia pilih “jangan perbarui aplikasi secara otomatis”.

Dan jika ada aplikasi yang jarang digunakan atau memang sebenarnya tidak terlalu memerlukannya, sebaiknya dihapus saja. Selain menghemat kuota data juga memberikan tempat kosong di memori ponsel pintar kita untuk aplikasi – aplikasi yang lebih diperlukan.

Setelah melakukan cara –cara mengecek aplikasi yang paling banyak menghabiskann kuota data, setidaknya kita telah melakukan penghematan dan juga membuat kinerja dari smartphone kita lebih maksimal dan lancar. Karena sebutuh apa pun dengan banyak aplikasi, kalau masih bisa dilakukan dengan cara lain, kenapa tidak?. Dan kita juga lebih menjaga smartphone agar lebih awet.

Postingan terkait: